Hukum merupakan suatu kumpulan aturan atau kaedah yang didalamnya terdapat sanksi yang tegas bagi para pelanggarya. Hukum itu ada jika para subjek hukum, dalam hal  ini subjek hukum itu merupakan para pemegang hak dan kewajiban yakni orang (person) dan badan hukum. Klasifikasi hukum merupakan pembagian hukum berdasarkan bentuknya, menuurut daerah kekuasaannya, dan menurut waktu berlaku.

  • Klasifikasi hukum berdasarkan bentuk

Hukum berdasarkan benruk terbagi atas Hukum Tertulis dan hukum tidak tertulis. Hukum tertulis biasanya terdapat pada negara-negara yang menganut sistem hukum Civil Law (Eropa Kontinental) contohnya Indonesia sedangkan hukum tidak tertulis terdapat pada negara-negara yang menganut sistem hukum Common Law contohnya Inggris. Hukum tertulis ini adalah hukum yang telah dikodofikasikan (dibukukan) dalam peraturan perundang-undangan. Contoh dari hukum tertulis adalah KUHP (Kitab Undang-Undang Hukuk Pidana), KUH perdata, KUH dagang, dsb. Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang didasarkan pada kebiasaan masyarakat serta disebut hukum adat karna didasarkan pada adat kebiasaan dan biasanya hukum ini sering dianggap baik oleh masyarakat.

  • Klasifikasi menurut daerah kekuasan ( teritorial)

Klasifikasi hukum menurut teritorial terbagi atas Hukum Nasional, Hukum Internasional, dan Hukum Asing. Hukum nasional adalah hukum yang hanya berlaku dalam wilayah negara tertentu. Bagi seorang warga negara hukum tanah airnya merupakan hukum nasional. hukum ini biasanya bersumber dari yurispudensi, dokrin, dsb. Hukum internasional merupakan hukum yang berlaku di wilayah berbagai negara, hukum ini terjadi karena adanya perjanjian-perjanjian antar negara demi terpenuhinya hak dan kewajiban serta rasa adil bagi setiap negara. sedangkan hukum asing hanya berlaku di negara lain.
Klasiikasi hukum menurut waktu berlakunya

Klasifikasi hukum ini dibagi atas Ius Constitutum, Ius Constituendum, dan hukum alam. Ius constitutum atau sering disebut sebagai hukum positif adalah hukum yang berlaku saat ini (sekarang) bagi suatu masyarakat tertentu. Ius constituendum meruakan hukum yang diharapkan berlaku di masa yang akan datang. Sedangkan hukum alam itu berlaku dimana-mana, kapan saja, dan untuk siapa saja.


About these ads