Air mempunyai banyak sifat kimia yang istimewa. Setiap molekul air (pemadam api) terbentuk dari penggabungan atom hydrogen dan oksigen, istimewanya kedua unsure ini bersifat membakar dan mudah terbakar .,.,. ckckckck… Secara kimia air memiliki muatan listrik 0, yang artinya netral. Tapi karena adanya perbedaan ukuran atom yang signifikan antara atom H dan O, maka atom H memiliki muatan yang sedikit positif dan O memilki muatan yang sedikit negative. Ketika molekul-molekul air bergabung, muatan tersebut saling tarik-menarik antar atom yang berlainan molekul untuk membentuk ikatan khusus  dan istimewa yang disebut “ikatan hydrogen”. Sebenarnya ikatan hydrogen adalah ikatan yang sangat lemah dan waktu bertahannya pun sangat singkat , yakni satu per seratus milyar detik .,.,. tapi saat satu ikatan hydrogen putus ikatan hydrogen lainnya terbentuk.  Jadi molekul-molekul air yang sering kita jumpai ini merekat kuat satu dengan yang lainnya sambil mempertahankan bentuk cair karena diikat oleh ikatan yang sangat lemah.

Selain yang saya sebut diatas masih banyak manfaat yang kita dapatkan dari ikatan ;lemah ini, antara lain adlah ikatan Hidrogen membuat air mampu menahan perubahan temperature, artinya saat udara di sekitar kita meningkat cepat, suhu air meningkat dengan lambat begitu juga sebaliknya, saat suhu turun drastis suhu air turun dengan lambat. Energy termal air yang tinggi ini memiliki peranan penting dalam hidup kita. Sebagai contoh, hampir 70% tubuh kita memiliki kandungan air, bayangkan apabila air di tubuh kita beradaptasi dengan perubahan suhu yang tiba-tiba, tentunya kita akan demam dan membeku secara tiba-tiba pula.,.,.,brbrbrbrbrrrrr.

Ikatan hydrogen juga membuat air tampak berbeda dengan zat-zat lainnya yg ada di bumi ini, yakni air memiliki massa jenis yang lebih besar pada keadaan cair dibandingkan massa jenis pada keadaan bekunya.  Hal ini berbanding terbalik dengan sebagian zat yang ada di bumi. Air memuai (volume membesar) ketika membeku akibat dari ikatan hydrogen, Akibatnya banyak ruang kosong yang terbentuk. Pada keadaan cair ikatan hydrogen terurai yang membuat atom oksigen saling mendekat dan membentuk struktur yang lebih kental. Hal ini manjadi penyebab “mengapa es lebih ringan daripada Air”.

Fakta lain dalam kehidupan kita yang sering sekali kita jumpai adalah kita semua tau bahwa air mendidih pada suhu 100 C dan membeku pada 0 c. Sebenarnya pada kondisi normal (sesuai urutan tabel periodik pada unsur oksigen) air mendidih pada suhu kira-kira -80 c dan membeku pada -180 c. Akibat dari ikatan hydrogen air mendidih 180c lebih besar  dari yang semestinya .,😀 .,.,  dan hal ini sangat menguntungkan bagi manusia serta seluruh makhluk hidup yang ada dibumi.